Wednesday, May 12, 2010

Tiga Tips Memilih Barang Promosi yang efektif dan tepat sasaran

Seminar, konvensi atau simposium merupakan salah satu kegiatan yang banyak dicari oleh banyak orang dari perusahaan. Karena dengan mengikuti seminar mereka memiliki peluang untuk memperkenalkan produk maupun servis perusahaannya kepada klien/client baru mereka. Mereka akan dengan mudah memperkenalkan produk serta jasa yang mereka miliki.dan harus mereka pasarkan.

Seminar, konvensi atau simposium merupakan tempat yang bagus untuk menyampaikan barang promosi. Berikut tips-tips dalam memilih dan menyampaikan barang promosi (promotional product)

Barang yang menarik. Barang tersebut tidak harus mahal, tapi harus bisa menarik perhatian calon klien yang akan kita jadikan sasaran target market kita. Bisa jadi barang tersebut menarik karena bentuknya yang unik dan tidak pasaran, warnanya yang menarik atau apapun. Usahakan barang promosi tersebut kita bagikan kepada audien calon target market kita yang sejak awal bertahan memperhatikan presentasi produk kita.

Barang tersebut berguna/bisa dimanfaatkan. Hal berikutnya yang harus kita pikirkan adalah apakah barang promosi tersebut bermanfaat bagi penerima, minimum saat ini. Bukan sekedar barang pajangan yang didapat lalu diletakkan begitu saja. Idealnya barang promosi bisa digunakan oleh penerima dalam jangka waktu yang cukup lama, sehingga efek promosi produk maupun perusahaan kita diingat lebih lama

Barang yang disukai anak-anak. Secara umum orang tua banyak menghabiskan waktu bersama anak anak. Maka dari itu arahkan barang promosi kita ke barang/mainan yang disukai anak. Begitu banyak perusahaan berkonsentrasi langsung kepada orang dewasa yang dianggap sebagai target market dan lupa memperhatikan anak dari target market. Ini sebuah kesalahan besar.

Demikian beberapa tips yang harus diperhatikan bagi sales people maupun orang-orang dari perusahaan pada saat mengikuti/berpartisipasi dalam seminar, terutama dalam berpromosi menggunakan barang promosi. Semakin baik kwalitas barang promosi yang disampaikan kepada TARGET MARKET, kemungkinan mendapatkan lebih banyak pelanggan akan semakin bagus.
share

No comments: